Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan rumah dari hutan hujan terluas di seluruh Asia, meski Indonesia terus mengembangkan lahan-lahan tersebut untuk mengakomodasi populasinya yang semakin meningkat serta pertumbuhan ekonominya.
Saat ini, hanya kurang dari separuh Indonesia yang memiliki hutan, merepresentasikan penurunan signifikan dari luasnya hutan pada awalnya. Antara 1990 dan 2005, negara ini telah kehilangan lebih dari 28 juta hektar hutan, termasuk 21,7 persen hutan perawan. Penurunan hutan-hutan primer yang kaya secara biologi ini adalah yang kedua di bawah Brazil pada masa itu, dan sejak akhir 1990an, penggusuran hutan primer makin meningkat hingga 26 persen. Kini, hutan-hutan Indonesia adalah beberapa hutan yang paling terancam di muka bumi. Jumlah hutan-hutan di Indonesia sekarang ini makin turun dan banyak dihancurkan berkat penebangan hutan, penambangan, perkebunan agrikultur dalam skala besar, kolonisasi, dan aktivitas lain yang substansial, seperti memindahkan pertanian dan menebang kayu untuk bahan bakar. Luas hutan hujan semakin menurun, mulai tahun 1960an ketika 82 persen luas negara ditutupi oleh hutan hujan, menjadi 68 persen di tahun 1982, menjadi 53 persen di tahun 1995, dan 49 persen saat ini. Bahkan, banyak dari sisa-sisa hutan tersebut yang bisa dikategorikan hutan yang telah ditebangi dan terdegradasi.
1.2  TUJUAN
1.      Megurangi penebangan hutan liar dengan melihat fungsi dan manfaat huta di indonesia
2.      Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap hutan di Indonesia, karena hutan merupakan paru-paru dunia yang sangat diperlukan bagi semua makhluk hidup.
3.      Senantiasa mereboisasi terhadap hutan-hutan yang mengalami penggundulan hutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, karena apabila hutan gundul maka akan mengakibatkan malapetaka bagi semua orang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN HUTAN
Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas, 2009 ; Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.
Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.
2.2 HUTAN DI INDONESIA
Macam/Jenis Hutan Di Indonesia Dan Fungsi Hutan Untuk Kehidupan Di Muka Bumi Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutan yang luas di dunia.
Jenis-jenis hutan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia disertai arti definisi dan pengertian :
1.      Hutan Bakau
Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai berlumpur. Contoh : pantai timur kalimantan, pantai selatan cilacap, dll.
2.      Hutan Sabana
Hutan sabana adalah hutan padang rumput yang luas dengan jumlah pohon yang sangat sedikit dengan curah hujan yang rendah. Contoh : Nusa tenggara.
3.      Hutan Rawa
Hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah tumbuh di hutan rawa. Contoh : Papua selatan, Kalimantan, dsb.
4.      Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa / ukuator yang memiliki curah turun hujan yang sangat tinggi. Hutan jenis yang satu ini memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, bertanah subur, humus tinggi dan basah serta sulit untuk dimasuki oleh manusia.
5.      Hutan Musim
Hutan musim adalah hutan dengan curah hujan tinggi namun punya periode musim kemarau yang panjang yang menggugurkan daun di kala kemarau menyelimuti hutan.
Di samping itu hutan terbagi / dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu :
1.      Hutan Wisata
Hutan wisata adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan / binatang langka agar tidak musnah / punah di masa depan.
2.      Hutan Cadangan
Hutan cadangan merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk.
3.      Hutan Lindung
Hutan lindung adalah hutan yang difungsikan sebagai penjaga ketaraturan air dalam tanah (fungsi hidrolisis), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsi klimatologis) sebagai penanggulang pencematan udara seperti C02 (karbon dioksida) dan C0 (karbon monoksida).
4.      Hutan Produksi / Hutan Industri
Hutan produksi yaitu adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi. Hutan produksi dapat dikategorikan menjadi dua golongan yakni hutan rimba dan hutan budidaya.
2.3 KLASIFIKASI HUTAN DI INDONESIA
Hutan memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan di bumi kita yang satu ini. Ia memberikan perlindungan terhadap kestabilan tanah, iklim lokal, hidrologi tanah dan efisiensi siklus hara di antara tanah dan vegetasi. Hutan juga dapat menyerap karbondioksida (CO2) di atmosfir sehingga mengurangi pemanasan global. Selain itu, hutan juga menjadi habitat (tempat hidup) dari berbagai jenis flora dan fauna.
Dilihat dari sudut ekonomi, hutan tidak saja menghasilkan kayu industri dan kayu bakar, melainkan juga obat-obatan dan tanaman bermanfaat lainnya. Hutan Indonesia merupakan hutan hujan tropis, yakni suatu komonitas tumbuhan yang selalu hijau dengan tinggi pohon atau tajuk (canopy) paling rendah 30 meter, kaya akan liana atau tumbuhan merambat berkayu dan berbagai bentuk kehidupan lainnya seperti pohon, herba, dan epifit. Dimana pohon merupakan bentuk kehidupan yang paling dominan. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pemilik hutan tropika terbesar di dunia setelah Brazil dan Zaire. Berdasarkan fungsi pemanfaatannya, hutan Indonesia dibagi menjadi:
a.       Hutan produksi, kawasan hutan yang diperuntukkan bagi produksi kayu, rotan, getah dan hasil hutan lainnya.
b.      Hutan Lindung, kawasan hutan yang memiliki sifat fisik yang khas yang fungsinya terutama sebagai pengatur tata air.
c.       Hutan Suaka Alam dan Hutan Wisata, diperuntukkan bagi perlindungan dan pelestarian sumber plasma nutfah dan sistem penyangga kehidupan, pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan wisata.
2.4 PENGOLAHAN HUTAN
Pengelolaan sumberdaya alam di Indonesia saat ini merupakan sebuah cerita yang beragam. Di sepanjang jutaan hektar, masyarakat setempat menanami hutan dengan buah-buahan, damar, kopi dan kakao dan sering ditanam bersama dengan pohon kayu-kayuan yang membentuk wilayah yang disebut wanatani (agroforest) (de Foresta et al 2000). Wilayah wanatani ini menyediakan jasa lingkungan yang sama seperti hutan alam, dengan pengecualian pada perbedaan keanekaragaman hayati yang lebih rendah. Banyak masyarakat setempat yang melindungi hutan alam, dan kadang bekerjasama dengan petugas Dinas Kehutanan pemerintah daerah setempat (Dala dan Jaya 2002).
Namun, secara keseluruhan keadaan hutan alam Indonesia dapat dikategorikan sebagai salah satu krisis yang dihadapi bangsa ini. Laju deforestasi per tahun yang mencapai satu juta hektar tetap bertahan sepanjang sepuluh tahun terakhir serta kemampuan terpasang industri pengolahan kayu terus berkembang melampaui tingkat pemanfaatan lestari per tahun (Badan Planologi Kehutanan 2003).
2.5 MANFAAT HUTAN SECARA BIJAKSANA
Pengelolaan sumber kehutanan modern berdasarkan sifat renewable dan potensi serba guna bagi kesejahteraan rakyat sepanjang masa . (Mubyarto, 1985)
Tekanan penduduk dan ekonomi yang semakin besar mengakibatkan pengambilan hasil hutan semakin intensif, gangguan terhadap hutan semakin besar sehingga fungsi hutan juga berubah, beberapa fungsi hutan dan manfaatnya bagi manusia dan kehidupan lainnya adalah :
1. Penghasil Kayu Bangunan
Di hutan tumbuh beraneka spesies pohon yang menghasilkan kayu dengan berbagai ukuran dan kualitas yang dapat digunakan untuk bahan bangunan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.
2. Sumber Hasil Hutan Non-Kayu
Tingkat biodiversitas hutan alami sangat tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi manusia yang tinggal di sekeliling hutan.
3. Cadangan Karbon
Salah satu fungsi hutan yang penting adalah sebagai cadangan karbon di alam karena karbon disimpan dalam bentuk biomassa vegetasinya.
4. Habitat Bagi Fauna
Hutan merupakan habitat penting bagi aneka flora dan fauna
5. Sumber Tambang dan Mineral Berharga Lainnya
Di bawah hutan sering terdapat barang mineral berharga yang merupakan bahan tambang yang bermanfaat bagi kebutuhan hidup.
6. Lahan
Hutan menempati ruang dalam bumi yang terdiri dari komponen tanah, hidrologi, udara atau atmosfer, iklim yang dinamakan lahan.
7. Hiburan
Hutan digunakan sebagai tempat perburuan dan tempat wisata yang merupakan sumber pendapatan daerah.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Hutan di Indonesia sangatlah luas hampir di seluruh Pulau di Indonesia terdiri dari hutan. Akan tetapi dewasa ini kepedulian terhadap hutan sangat menurun karena banyak orang lebih banyak yang memeningkan dirinya sendiri-sendiri dibandingkan kepedulian terhadap lingkungannya. Banyak contoh dinegara kita diantaranya banyaknya penebangan liar secara ilegal yang sangat merugikan makhluk hidup dan lingkungan itu sendiri karena itulah banyaknya fauna yang punah yang disebabkan oleh tangan manusia itu sendiri.
Hutan apabila di olah secara baik akan menghasilkan yang baik pula karena hutan sebagai paru-paru dunia yang sangat penting bagi kelangsungan seluruh makhluk hidup di muka bumi kita ini. Apabila tidak ada hutan maka akan terjadi penipisan ozone karena dampak radiasi yang disebut pemanasan global/Global Warming.

3.2  Saran
Dengan disusunnya makalah ini mudah-mudahan kita semua senantiasa menjaga kelestarian hutan dengan cara yang kecil – kecil terlebih dahulu diantaranya menjaga kelestarian lingkungan, melakukan reboisasi terhadap lahan gundul.









                                                                                   
DAFTAR PUSTAKA










                         



KATA PENGATAR
Asalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulilah makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan . Terimakasih saya sampaikan kepada Bapak Guru PLH yang telah membimbing dan memberikan mata pelajaran demi lancarnya terselesaikannya tugas ini.
Dalam makalah ini membahas tentang “Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan” makalah ini saya susun dengan harapan dapat menjadi sebuah manfaat bagi semua kalangan,terutama bagi para pelajar penerus bangsa.
Demikianlah makalah ini saya buat dengan kesungguhan hati semoga bermanfaat. Mohon maaf bila kurang berkenan karena manusia tidak luput dari kesalahan.
Wasalamualaikum Wr.Wb                                                                           
Penyusun












DAFTAR ISI
KATA  PENGANTAR   ………………………………………………….        i
DAFTAR  ISI     …………………………………………………………..       ii
BAB  I PENDAHULUAN  ………………………………………………       1
1.1  Latar   Belakang     ……………………………………………..       1
1.2  Tujuan    ……………….………………………………………..       1
BAB  II  PEMBAHASAN  ……………………………………………….       2
2.1  Pengertian Hutan .................……………………………………       2
2.2  Hutan di Indonesia ..................………………………………….      2
2.3  Klasifikasi Hutan ........................................….…………………       3
2.4  Pengolahan Hutan ........................................….…………………      4
2.3  Manfaat Hutan Secara Bijaksana ................….…………………       5
BAB III PENUTUP………………………………………………………..      6
3.1  Kesimpulan ……………………...…………………….………..       6
3.2  Saran……………………………...…………………….………..      6
DAFTAR PUSTAKA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
12:31 AM delete

artikelnya keren gan,,salam manis buat agan2 semua...

bandar poker online indonesia

Reply
avatar

Jangan Lupa Gan Komentarnya yaa

Ayo Menulis

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis