POLA KEGIATAN EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah
Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang tidak asing  lagi bagi manusia, setiap hari kita selalu melakukan kegiatan ekonomi, tanpa kegiatan ekonomi manusia tidak bisa melakukan kontak sosial dengan sesama. Oleh karena alasan tersebut kami membuat makalah ini agar kita bisa mengerti pola kegiatan ekonomi ini.
1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang kami kaji adalah :
1.      Bagaimana pola kegiatan ekonomi penduduk di Indonesia ?
2.      Bagaimana pola penggunaan lahannya ?
3.      Bagaimana pola pemukiman penduduknya ?
1.3  Tujuan Penulisan
Ø  Untuk memenuhi tugas mata pelajaran IPS
Ø  Untuk mempelajari dan mengetahui kegiatan ekonomi manusia dalam kehidupan sehari – hari
Ø  Untuk menambah wawasan dalam hal pola kegiatan ekonomi ini








BAB II
PEMBAHASAN
2.1    Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk
Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya disebut kegiatan ekonomi. Indonesia disebut negara agraris, karena sebgian besar penduduknya hidup dari bercocok tanam dan tanahnya cocok ditanami berbagai tanaman.
2.2    Penggunaan Lahan
Penggunaan lahan manusia diartikan sebagai rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Berupa kebutuhan material maupun non material (spiritual).
Penggunaan lahan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu penggunaan lahan untuk pertanian dan penggunaan lahan bukan untuk pertanian.
1.    Penggunaan lahan untuk pertanian
a.    Pertanian sederhana
Pertanian sederhana atau pertanian primitif, adalah pertanian yang dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana seperti parang.
1)   Pertanian sederhana  berpindah- pindah adalah pertanian yang dilakukan dengan cara membuka hutan milik desa dengan menebang pohon - pohon kemudian membakarnya. Pertanian berpindah – pindah sering disebut perladangan liar. Penduduk melakukan  pertanian sederhana ini kegiatan ekonominya adalah menghasilkan makanan untuk dikonsumsi sendiri.
2)   Pertanian sederhana menetap adalah pertanian yang dilakukan pada satu tempat atau lokasi yang sama (tetap). Misalnya padi gogo rancah.
b.      Pertanian maju
Pertanian maju adalah pertanian yang dilakukan penduduk dengan meggunakan peralatan dan cara yang telah baik. Peraltan yang lebih dikenal dengan panca usaha tani.

1)   Pertanian tadah hujan
Pertanian tadah hujan yang sering disebut pertanian lahan kering  adalah pertanian yang sangat mengendalikan curah hujan, misalnya tegalan dan kebun. Tegalan adalah cara bercocok tanam ditanah kering dengan menggarapkan air hujan. Kebun adalah cara bercocok tanam yang dilakukan disekitar tempat tinggal penduduk atau penggarap. Holtikultura adalah salah satu usaha pertanian dilahan kering.
2)   Pertanian dengan irigasi atau pertanian lahan basah
Pertanian dengan irigasi atau pertanian lahan basah adalah pertanian yang menggunakan air terus menerus sesuai kebutuhan.
2.      Penggunaan lahan bukan untuk pertanian
a.    Penggunaan lahan untuk perumahan
b.    Penggunaan lahan untuk industri
c.    Penggunaan lahan untuk jasa

2.3    Pola Pemukiman Penduduk
Dalam UU No. 04 Tahun 1992 tentang perumahan dan pemukiman, perumahan adalah sekelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal. Pemukiman adalah bagian dari lingkungan hidup diluar kawasan lindung.
1.    Pola pemukiman yang memanjang
Pemukiman yang memanjang adalah pemukiman penduduk yang berupa deretan rumah memanjang
2.    Pola pemukiman terpusat
Pola pemukiman terpusat umumnya terjadi pada penduduk yang seketurunan atau senasib karena bencana alam.
3.    Pola pemukiman linear
Pola pemukiman linear berasal dari pola pemukiman sejajar jalan raya. Tanpa perencanaan sebelumnya. Pola pemukiman linear adalah lahan pertanian diluar lahan pemukiman.
4.    Pola pemukiman mengelilingi fasilitas
Pola pemukiman mengelilingi fasilitas adalah pola pemukiman yang terbentuk karena adanya fasilitas kehidupan.

























BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Pola kegiatn ekonomi terdiri dari penggunaan lahan yang digunakan berdasarkan keadaan lahan, macam – macam pola pemukiman yang ada, dan pengembangan pola ekonomi dalam kehidupan sehari – hari .
3.2    Saran
Demikianlah makalah ini kami susun semoga dengan adanya makalah ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan umumnya para siswa/siswi SMP Negeri 1 Selajambe. Kritik dan saran yang sifatnya membangun senantiasa kami tunggu demi perbaikan penyusunan makalah ini.



















DAFTAR PUSTAKA

Nasrudin Muh, Warsito S.W, Nursa’ban Muh.2008.Mari Belajar IPS VII.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

2 comments

Poskan Komentar - Back to Content

Jangan Lupa Gan Komentarnya yaa