Peran, Fungsi dan Manfaat Statistika

1. Peran Statistik
Di dalam penelitian, statistika berperan untuk:
Memberikan informasi tentang karakteristik distribusi suatu populasi tertentu, baik diskrit maupun kontinyu. Pengetahuan ini berguna dalam menghayati perilaku populasi yang sedang diamati. Menyediakan prosedur praktis dalam melakukan survey pengumpulan data melalui metode pengumpulan data (teknik sampling). Pengetahuan ini berguna untuk mendapatkan hasil pengukuran yang terpercaya
Menyediakan prosedur praktis untuk menduga karakteristik suatu populasi melalui pendekatan karakteristik sampel, baik melalui metode penaksiran, metode pengujian hipotesis, metode analisis varians. Pengetahuan ini berguna untuk mengetahui ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran serta perbedaan dan kesamaan populasi.
Menyediakan prosedur praktis untuk meramal keadaan suatu obyek tertentu di masa mendatang berdasarkan keadaan di masa lalu dan masa sekarang. Melalui metode regresi dan metode deret waktu. Pengetahuan ini berguna memperkecil resiko akibat ketidakpastian yang dihadapi di masa mendatang. 
Menyediakan prosedur praktis untuk melakukan pengujian terhadap data yang bersifat kualitatif melalui statistik non parametrik.  
Sementara menurut Sugiyono (2003:12), statistika berperan untuk: 
Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi, sehingga jumlah sampel yang dibutuhkan akan lebih dapat dipertanggungjawabkan.
Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen sebelum instrumen tersebut digunakan dalam penelitian
Sebagai teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunikatif, misalnya melalui tabel, grafik, atau diagram. 
Alat untuk menganalisis data seperti menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.

2. Fungsi Statistik
Fungsi yang penting ssebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.
Bagi seorang pendidik professional, statistik juga memiliki kegunaan yang cukup besar. Sebab dengan menggunaan statistik sebagai alat bantu, maka berlandaskan pada data eksak itu ia akan dapat :
- Memperoleh gambaran, baik gambaran secara khusus maupun gambaran secara umum tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
- Mengikuti perkembangan atua pasang surut mengenai gejala, keadaan atau peristiwa tersebut, dari waktu ke waktu.
- Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda denagn gejala yang lain ataukah tidak. Jika terdapat perbedaan, apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti ataukah perbedaan itu terjadi hanya kebetulan saja.
- Mengetahui apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain.
- Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif denag teratur, ringkas dan jelas.
Menarik kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat  memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah konkret apa yang kemungkinan perlu dilakukan oleh seorang pendidik.

3. Manfaat yang dapat diambil dari mempelajari Statistik Pendidikan adalah :
- Dapat mengetahui rata-rata (average) dari suatu data statistik
- Dapat mengetahui pemencaran atau penyebaran (variability atau dispersion) dari suatu data statistik
- Dapat mengetahui korelasai (hubungan) dari suatu data statistik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
4:50 PM delete

Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

Toko Elektronik Terlengkap

Jual Arduino Murah

Jual IC, Transistor, IGBT,
Distributor Komponen Elektronika Murah
Toko Elektronik Online Murah Jakarta
Jual Komponen Elektronika Tangerang

Reply
avatar

Jangan Lupa Gan Komentarnya yaa

Ayo Menulis

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis